About Me;

Foto saya
an ordinary girl with an extraordinary heart.

Sabtu, 11 Januari 2014

Bukan Cerita Cinta yang Sebenarnya

Disclaimer;

Ini cerita gue bikin khusus buat para cewek cakep pembaca blog gue. Karna menurut observasi viewer blog gue dominan cewek, jadi gue buatin hadiah buat calon-calon pemilik surga di bawah kaki ini, apasih. 

Tapi sebelum masuk ke cerita gue ajuin syarat buat lo biar cerita ini jadi bener-bener spesial.  Syarat-syarat itu adalah :
1.      Pertama, lo anggep kalo lo itu artis dan sekarang lo jadi pemeran utama dicerita ini.
2.      Kedua, bayangin satu cowok yang menurut lo spesial ( gue saranin jangan bokap ).
3.      Pastiin kalo cowok itu jadi lawan maen lo dicerita ini.

4.      Terakhir, kembangin imajinasi seluas mungkin biar lo ngerasa cerita ini bener-bener terjadi dihidup lo dan cowok yang ada di hati lo sekarang ini.


Udah siap? Kalo udah siap, silakan baca cerita di bawah ini. Dan inget, tokoh ‘gue’ itu berarti elo.







Bukan Cerita Cinta yang Sebenarnya
oleh: Ananda Nabila Jasmine





“ Cin! Ah lo nyendiri aja kayak kucing.  Lo tau nggak gue habis ketemu siapa?? “ 

Seperti biasa Andin ngagetin gue disaat gue lagi menikmati tahap demi tahap menyuapkan makanan ke mulut gue. Gue yang baru turun mood gegara abis ngelahap 45 soal kimia selama dua jam pelajaran, nggak terlalu peduli dengan kehebohan Andin di kantin siang itu. Andin duduk nyebelahin gue.


“ Ih lo kok diem aja sih? Gue tadi deket banget loh sama dia, dia juga ngomong ke gue! “ Andin makin menjadi. Karna gue nggak mau kantin jadi tinggal puing-puing gegara Andin yang terus aja nerocos dengan suara beratnya itu, akhirnya gue nanggepin ogah-ogahan.

“ Siapa sih? Dovi lagi? “ 

“ Iya, Cin!! Bener banget .. “ . Gue liat Andin lagi nepuk kedua pipinya. 

“ Lo diajak ngobrol ? “ tanya gue kemudian. Senyum lebar Andin mendadak berubah jadi bibir yang membentuk mangkuk dengan pipi menggembung. Perlahan Andin geleng kepala.
“ Enggak sih .. “ kata dia. “ .. tadi gue sengaja lewat di pinggir lapangan basket. Gue liat Dovi sama temen-temennya lagi maen. Gue terpesonaaa.. Eh tapi abis itu kepala gue kena bola. Mana sakit banget lagi. Tapi noprobs sih, Dovi yang ngambil bola dan bilang sorry ke gue “ Andin nyengir.

Gue geleng hebat. Ngeliatin sahabat gue yang chubby ini senyum lagi. 

“ Heran gue sama lo. Cuma begitu doang jadi seneng banget. Kesakitan masih bisa senyum lagi “

Dan yang namanya Dovi ini, dia murid baru di kelas XI IPS 1 pindahan dari Bandung. Meskipun dia masuk IPS, tapi baru seminggu jadi siswa SMA Harapan Bangsa dia udah jadi idola cewek-cewek alay di sekolah_termasuk Andin. Gue tau dari Andin, kalo Dovi ini penyiar radio lokal di Jakarta, dia juga membintangi beberapa iklan remaja dan bisa main semua alat musik. Walaupun gue nggak terlalu suka, tapi nggak bisa dipungkiri kalo si Dovi ini punya tampang A satu. Semua yang ada di facenya keliatan pas buat dia, ditambah lesung pipit yang menghias manis dikedua pipinya ketika dia mengulas senyum.



Bel berbunyi, saatnya masuk kelas. Gue ngelirik jam setengah berharap waktu bisa dipercepat begitu inget kalo habis ini adalah kelas bahasa Jerman. Gue selalu siap kantong plastik begitu masuk ke kelas ini, buat jaga-jaga kalo sewaktu-waktu gue muntah karna nggak tahan sama mata pelajaran yang bikin mual ini.  Gue duduk di bangku paling depan, berusaha buat memahami kesekian kalinya mapel ini sebelum lusa gue harus ngadepin Mid Semester. 


“ Cin, gue ada berita bagus! “ seru Andin lagi-lagi, nyamperin ke bangku gue. Gue ngeliat keluar kelas sesaat buat mastiin guru Bahasa Jerman itu belom dateng. 

“ Apaan ? “ 

“ Tebak dong! “ Andin menyilangkan tangan di depan dada. 

“ Males, Din. Kasih tau aja ngapa sih ? “ 

“ Beritanya.. Besok Mid Semester kita duduk bareng kelas XI IPS 1 ! “ katanya setengah berteriak. Dan yang gue heranin, cewek-cewek laen di kelas yang denger Andin berseru ini justru ikutan heboh. Suasana mendadak riuh saling menggumam nama Dovi. Gue mengernyit nggak ngerti.

“ Gimana ceritanya kelas XII IPA dibarengin sama kelas XI? IPS pula “ sahut gue sedikit sewot. 

“ Nggak tau juga sih “ Andin mengangkat bahu. “ Random kali. Tapi yang jelas kita bisa satu ruangan sama Dovi. Uuh so sweet.. “  . Andin nyubit pipi gue sebelum akhirnya dia kembali duduk ke bangkunya dan beralay-alay ria dengan cewek-cewek kelas. Lagi-lagi gue geleng kepala, gue nggak ngerti kenapa mereka bisa seheboh itu.  Padahalkan Dovi nggak pernah bagi sembako gratis, ngapain dipuja-puja.



***




Gue berangkat lebih pagi dari biasanya, sekedar mastiin ruangan yang ada di kartu ujian gue dan ngerefresh lagi materi yang udah gue pelajari semalem. Ruangan gue ada di ruang 11 lantai 3 gedung pertama. Ketika gue dateng, Andin dan beberapa cewek laen udah ada di sana lebih dulu. Gue nggak tau persis apa yang mereka lakukan, yang jelas gue tau kalo penampilan mereka berbeda dari biasanya. Dan ketika gue masuk ke ruangan, mereka nyambut gue keroyokan sambil mengaum satu sama lain. Gue mundur beberapa langkah dari mereka dengan cepat.


“ Kalian kenapa sih? Ngomong satu-satu, bikin ribut aja “

“ Cindy!! Lo beruntung banget sih.. Gue hampir lupa kalo nama depan lo tu Donita. Tukeran nama kek sama gue “ Andin memimpin mereka.

“ Maksudnya apaan, Din? Gue tau bangku gue di mana aja belom “ sahut gue.

“ Di sono tuh, Cin “ Andin nunjuk ke salah satu bangku nomer lima dari depan. “ Donita Cindy Amelia XII IPA 1 dan Dovi Hanggar Saputra XI IPS 1 “ lanjutnya. Disusul dengan anggukan hebat dari temen-temen laen dan merengek manja “ Bikin envy deh “ 

Gue buang nafas pendek, “ Kalo lo mau lo bisa tukeran bangku sama gue “

“ Aaa gue mau banget, Cin! Tapi.. mana bisa? Entar waktu pengawas absen gimana? Bisa kena hukuman dong gue, ah ogah gue turun tengsin di depan Dovi “ bales Andin, lebay.

“ Yaudah kalo gitu, gue nggak bakal ngerebut dia dari lo kok “ . Gue berjalan ogah-ogahan ke bangku gue, gue lirik sebentar nama yang ada di sudut meja. Bener nama gue dan nama Dovi. Setelah itu gue ngabisin hampir 20 menit nunggu pengawas dengan ngerefresh lagi materi yang udah gue pelajari semalem. Gue bertekad untuk ningkatin lagi nilai-nilai gue mulai dari sini. Sampe akhirnya pengawas memasuki ruangan, yang ditunggu-tunggu belom juga dateng_manusia idol yang seharusnya duduk di sebelah gue. 

Bagus deh kalo nggak dateng, itung-itungkan gue jadi lebih fokus ngerjain ujian fisika “ gue berkata dalam hati.


15 menit berlalu, gue berhasil nyampe soal nomor ke sembilan sebelum akhirnya suasana diributkan dengan kedatengan Dovi tiba-tiba. 


“ Maaf, Pak, saya telat. . “ . Pengawas menggeleng singkat sambil menyerahkan lembar soal dan jawaban ke Dovi. 

“ Yasudah sana buruan kerjakan, inget ya nggak ada tambahan waktu buat kamu “ 
Dovi mengangguk dan memandang sesisi ruangan sekilas. Setelah berhasil menemukan satu-satunya bangku yang kosong, dia buru-buru jalan. Gue nggak peduliin dia dateng, gue udah buat space di belakang bangku gue biar dia bisa lewat.

“ Misi dong, gue mau lewat “ kata dia singkat.

“ Lewat belakang “ bales gue nggak kalah singkat.

“ Nggak cukup, pelit amat sih “ . Tanpa mengalihkan pandang dari soal yang lagi gue kerjain, gue menggeser kursi gue lebih maju lagi. 

“ Dih, dibilang nggak cukup. Berdiri bentar kenapa sih? “ . Dan setelah dia ngomong ini, gue memutuskan untuk benci sama dia. Jadi kaya gini ini yang mereka idolain?

“ Bawel banget sih. Buruan “ dengan males gue berdiri sampe dia duduk ke kursinya sendiri.

“ Nah, tinggal gitu doang aja kenapa susah coba “. Gue nggak peduliin dia lagi, gue balik fokus ke soal fisika gue dan waktu yang terus berjalan. Beberapa detik kemudian dengan hati-hati dia nyentuh lengan gue pake telunjuknya. 

“ Hey “ kata dia. Gue cuek, gue terus aja ngerjain soal. Tapi dia justru ngelakuin hal yang sama berulang-ulang. 

“ Apasih? “ tanya gue kesel. Gue liat dia sedikit kaget liat gue yang nanya rada ketus.

“ Idih, galak amat sih. Kotak pensil gue ketinggalan nih “ katanya.

“ Terus apa urusannya sama gue ? “

“ Gue pinjemin pulpen dong, besok gue ganti “ 

Gue kembali ke soal gue, sengaja mengabaikan permintaannya barusan. Tapi dia masih diem ngeliatin gue, gue bisa rasain itu. Gue nggak tau kenapa dia nggak berusaha minjem ke depan ato ke yang laennya. 

“ Lo nggak kasihan apa sama gue? Waktu gue udah berkurang banyak nih.. “
Gue ambil pulpen di kotak pensil gue, dan gue kasihin langsung tanpa bicara apapun.




Ujian mapel pertama selese, habis ini mapel biologi. Gue suka mapel ini gimanapun alesannya, jadi gue hanya perlu mereview lagi catetan di buku gue selama 20 menit waktu istirahat. Gue duduk di koridor depan ruang bareng sama temen-temen laen. 


“ Gimana, Cin, rasanya duduk bareng orang ganteng sejagad raya? Pasti awesome banget ya” kata Andin tiba-tiba ngerangkul gue.

“ Kalo lo yang jadi gue pasti awesome, tapi gue biasa aja. Gue kesel malah sama tu orang, kalo entar ngeributin gue lagi selama gue ngerjain, gue potong-potong biar jadi makanan buaya “ kata gue, sadis. Terdengar jeritan upay dari para cewek setelah gue meluncurkan ancaman buat cowok bau buah yang mereka idam-idamin itu.

“ Tega banget sih lu, Cin, asli. Pembunuh bayaran ya lo? “ timpal Vany. 

“ Eh, eh, tunggu deh, kayaknya Dovi mau ke sini tuh. Gue salah liat nggak sih? “ kata Rinda memotong. Kemudian secara otomatis mereka semua berdandan ria ketika udah dipastiin kalo Dovi emang bener-bener lagi jalan ke arah kita duduk. 

“ Ini cewek-cewek pada kenapa sih? “ . Gendi mewakili temen-temen cowok laen yang keheranan ngeliat tingkah laku temen-temen ceweknya yang mendadak jadi pada over. 

“ Gara-gara dia tuh mereka gini “ gue ngelempar pandang ke arah Dovi yang semakin deket ke arah kita duduk. 

“ Sama gue juga kalah cute tau “ Rendi menata rambut spikenya ketika temen-temen cowok laen udah geleng-geleng. Dan bener aja, Dovi tiba di tengah-tengah anak kelas XII IPA 1 tepatnya di depan gue. Dia ngeluarin pulpen gue yang tadi dia pinjem dari saku celananya dan nyerahin ke gue.

“ Nih, punya lo. Thanks ya udah dipinjemin, laen kali jangan galak-galak kek “ 
Gue terima pulpen itu dan ngangguk singkat, “ Tersersah gue kali “
Dovi garuk-garuk kepala sesaat sebelum dia berlalu dari hadapan gue. Dan bisa ditebak setelah itu gue diomelin sama cewek-cewek satu kelas gegara udah ngasarin Dovi mereka.


***



Seminggu berlalu, ujian demi ujian hampir selese gue lewatin. Dan pastinya dengan gangguan-gangguan dari Dovi. Gue nggak ngerti kenapa dia hobi banget ngusilin gue. Yang ngasihin jawaban gue ke temen gue yang lain lah, yang minjem penghapus lah, nyoret-nyoret kartu ujian gue lah, pokoknya tiap hari nggak pernah gue laluin tanpa diusilin sama si anak kancil satu ini. Dan ini adalah hari terakhir mid semeter, mata pelajaran Bahasa Jerman dan Seni Budaya. Gue berharap banget kalo Dovi nggak lagi ngusilin gue selama gue ngerjain soal ujian.


“ Sst lo kenapa sih marah-marah mulu? Darah tinggi rasain lo “ tanya Dovi sewaktu pengawas membagi lembar soal dan jawaban ke masing-masing meja.


“ Bukan urusan lo. Dan gue minta lo jangan gangguin gue lagi kali ini “ gue bales sedingin mungkin. Gue nggak inget apa respon Dovi ketika gue bilang gitu sama dia, yang jelas ketika gue udah hampir ngerjain setengah dari seluruh soal dia mulai ngeributin gue lagi.

“ Gue udah kelar “. Dia nyengir, gue cuekin.

“ Lo berapa nomer lagi? Lama amat ngerjainnya? “ . Dovi sedikit menggeser kursinya menjadi lebih dekat ke kursi gue.

“ Itu nomer 19 jawabannya salah, D yang bener “ 

“ Berisik banget sih lo. Kalo udah kelar yaudah sana keluar, jangan gangguin gue “ gue mulai sewot. 

“ Ye siapa yang gangguin, gue cuma ngasih tau yang bener jawabannya D. Percaya deh sama gue “ 

“ Gue pengennya A “ gue bales singkat. Karna gue nggak bener-bener paham Bahasa Jerman.

“ Dih, keras kepala ni anak. Der berubaha jadi einen soalnya itu akkusatif. Jadi kalimatnya, Ich gebe dir einen Motorrad. “

Gue yang mungkin kesel karna emang jawaban gue salah dan gue nggak paham Bahasa Jerman, jadi kebawa emosi gegara Dovi yang terus aja nyeloteh di telinga gue.

“ Terserah gue kenapa sih? Lagian ini materi gue bukan materi lo, yang bakal dapet nilai juga gue bukan lo “ . Dan sewotan gue terdengar oleh pengawas. Gue deg-degan setengah mati.

“ Donita, Dovi, kenapa kalian? Dari tadi Ibu perhatikan kalian ribut saja “

“ Maaf, Bu. Dovi gangguin saya daritadi “ gue berusaha tenang, gue takut kalo akhirnya gue harus berurusan sama BP.

“ Maaf, Bu. Dovi cuma pengen baca soal punya dia “ kata Dovi kemudian.

“ Kamukan sudah punya lembar soal sendiri. Sini, kemarikan lembar jawab kalian dan segera temui BP “ 

Dan ketakutan gue pun terwujud, seumur-umur gue sekolah, gue nggak pernah masuk BP. Mungkin pernah, tapi karna penerimaan beasiswa bukan gara-gara masalah kayak gini. 
Gue berjalan cepat ngeduluin Dovi. Gue kesel banget sama anak ini, yang udah bikin gue masuk BP dan nggak bisa nyelesein ujian terakhir gue. Dia sih enak udah selesai, nah gue? 20 nomer aja belom genep. Gue hampir aja pengen ngebuang dia ke kandang harimau terdekat. 

“ Jangan buru-buru dong jalannya. Gue sesek nafas nih “ 

“ Gausah ngomong sama gue lagi. Ini semua gara-gara lo tau, gue jadi nggak selese ngerjain soal ujian gue dan sekarang gue harus masuk BP bareng orang kayak lo “
Kita tiba di depan kantor BP yang masih tertutup rapat, mungkin guru-gurunya juga ikut mengawas ujian. Jadi gue memutuskan untuk duduk di depan kantor menunggu guru BP datang. Gue liat Dovi ikutan duduk di sebelah gue sambil sedikit terengah-engah. 

“ Beli minum yuk, haus banget nih “ 

Kayaknya dia bener-bener nggak peduli dengan peringatan buat jangan ngomong sama gue lagi. Gue noleh ke dia singkat, dan gue bisa tau kalo dia udah bercucuran keringat lebih dari kata wajar. Gue berpikir dia pasti nggak pernah olahraga, turun dari lantai 3 dengan jalan agak cepetan dikit aja udah ngos-ngosan. Beberapa detik kemudian, dia nyamber tangan kiri gue dan ditariknya untuk jalan. 

“ Apa-apaan sih lo?? “ gue berusaha untuk ngelepasin tangan gue.

“ Lo diajakin diem aja sih, minum bentar ke kantin. Lagian gurunya belom nongol “ kata dia, nyantai. Gue berhasil ngelepasin tangan setelah nyampe di kantin. Dovi mengambil dua buah minuman kaleng di lemari es dan ngasihin satunya ke gue.

“ Duduk kenapa sih ? “ dia ngeliat arlojinya. “ Waktunya masih 20 menit lagi, lama tau. Kita bisa makan dulu “ . Dan dengan jarak berhadap-hadapan sedeket ini gue bisa liat ujung rambutnya yang basah karna keringat, bola matanya yang coklat gelap dan wangi buah yang terus awet sejak pagi tadi. 

“ Mau gue pesenin apa? “ dia nyengir. Gue kagum sama dia, berulang kali gue cuekin dia nggak pernah sekalipun dia bete sama gue. Gue geleng kepala. 

“ Yah, masa gue makan sendirian? “ 

“ Lo aneh banget sih, disaat kayak gini masih aja nyantai “ kata gue akhirnya. Dovi agak mengernyit, dia meneguk minuman kalengnya sebentar.

“ Bukannya lo ya yang aneh? Nggak pernah sehari aja nggak marah-marah. Tiap hari marah mulu. Cepet tua lo, jelek tau keriput-keriput gitu “ 

“ Kalo gue nggak ketemu orang kayak lo gue nggak bakal marah-marah kayak gini “

“ Lah, kenapa jadi gue yang salah? Temen-temen lo have fun aja sama gue, lo aja yang darah tinggi “ . Dan disetiap kata yang dia sampein itu selalu bernada nyantai, jadi orang bakal nyangka kalo dia itu nggak pernah serius. Gue baru tau ada orang se-enjoy dia. Bahkan disituasi lagi ada masalah kayak ginipun, dia tetep aja keliatan rileks.


Setengah jam kemudian gue udah ada di dalem ruang BP, di samping gue ada Dovi yang lagi duduk bersender di kursi dan di depan gue ada Bu Ratna, guru BP kelas 12 yang nggak terlalu killer kalo dibandingin sama guru BP yang lain.


“ Jadi gitu masalahnya? “ Bu Ratna mengintip dari balik bingkai kacamata hitamnya. “ Lain kali kalo udah selese ngerjain ya keluar ruang aja, baca-baca kek atau ke perpus. Ya, Dovi? “

Dovi mengangguk mantap sambil tersenyum, “ Iya, maaf, Bu. Enggak lagi “ katanya.

“ Dan kamu, Cindy, karna kamu nggak termasuk berbuat curang jadi lembar jawab kamu tetep dikoreksi dan bisa ikut remidial.. “ Bu Ratna menulis beberapa catatan ke buku jurnalnya. “ .. terus buat mapel Seni Budaya, kamu bisa ikut susulan besok Senin waktu jadwal remidial “ lanjutnya. Gue bernafas lega sejenak.

“ Iya, Bu.. Makasih banyak “

“ Tapi gimanapun juga di sini kamu yang salah Dovi, jadi kamu harus minta maaf ke Cindy “
Dovi nyengir lagi mamerin dua lesung pipitnya yang dalem. Kemudian dia ngulurin tangan ke gue, “ Maafin gue ya “ 

Gue baru aja mau nggak bales uluran tangan itu, tapi gue urungin karna Bu Ratna ngawasin kita berdua. 

“ Iya gue maafin “

“ Nah, kalo gitu sekarang tinggal kalian jalanin hukuman “ sambung Bu Ratna.

“ Hah hukuman ? “ sahut gue sama Dovi hampir bersamaan. Bu Ratna mengangguk kecil.

“ Tapikan, Bu, aku udah minta maaf ke Cindy. Cindy juga bisa ikut remidialkan? “ sergah Dovi. Dan kali ini gue dukung Dovi daripada gue harus dapet hukuman dari BP.

“ Ya tetep harus ada hukumannya. Itu udah ketentuan. Sekarang kalian ke perpus, bantuin Pak Sandi beresin buku-buku di sana sekalian bersihin ruang bacanya “



***




Gue pun berjalan lunglai ke perpus buat ngejalanin hukuman itu. Bukan karna hukumannya yang gue keselin, tapi karna catetan buruk gue disaat kelas tiga sekarang ini. Gue geram, gue liat Dovi yang jalan santai sambil mainan handphonenya di samping gue. Ini gara-gara dia, kalo aja gue nggak sebangku sama dia semua ini nggak bakal terjadi. Gue nggak habis pikir kenapa banyak orang menyukai Dovi sedangkan gue yang hampir seminggu ngabisin waktu sama dia ngerasa bagai neraka jahanam.


Nggak lama kita nyampe di perpus. Di sana ada Pak Sandi seperti yang Bu Ratna bilang, lagi beresin buku-buku. Sebelum gue sempet ngetuk pintu Pak Sandi udah liat ke arah kita duluan. 

“ Eh kalian, ada apa? “ tanyanya kemudian.

“ Eh, maaf, Pak. Kita lagi dihukum sama BP, Bu Ratna minta kita buat bersihin perpus, Pak “ jawab gue sembari masuk ke ruang perpus. Pak Sandi menyeka keringatnya sebentar.

“ Wah, kebetulan. Kalian bantuin Bapak beresin rak yang itu, bacaan-bacaan lama tolong ditaruh aja ke gudang. Terus ini buku-buku baru, kalian susun di rak yang ini “ . Dovi ngangguk-ngangguk ketika tangan Pak Sandi menunjuk bagian rak yang harus kita bereskan.

“ Kalo mau nyapu ato ngepel itu perkakasnya ada di belakang pintu. Bapak tinggal dulu, musti bersihin ruang rapat guru-guru, bisakan? “

“ Iya, Pak. Bisa kok “ jawab Dovi tersenyum, gue juga ikutan senyum ke Pak Sandi.

“ Kalo lo capek, duduk aja dulu “ kata Dovi setelah Pak Sandi berlalu.

“ Iya gue capek “ gue duduk di kursi ruang baca. “ Dan gue nggak mau bantuin lo beresin beginian. Inikan hukuman lo, lo yang bikin gue jadi kayak gini “ lanjut gue. 

“ Ampun dah “ si Dovi garuk-garuk kepala. “ Gue kira udah dimaafin itu udah baikan, eh taunya makin ganas “ . Gue nggak menghiraukan, dan Dovi mulai beresin buku-buku itu. Dia keluar masuk gudang buat milah buku-buku lama dan menata buku-buku baru. Sesekali gue dapetin dia lagi narik nafas dalem-dalem. Gue yakin pasti di gudang banyak debu, rasain aja, anak manja kayak dia harus ngerasain gitu sekali-kali. Gue sendiri tiap hari harus beresin rumah_ya nyuci, nyetrika, masak, semua gue. Semenjak Bunda nggak ada, gue tinggal berdua doang sama Ayah yang bekerja sebagai karyawan perusahaan listrik daerah. 


“ Lo kenapa ? “ tanya gue begitu gue liat dia membungkuk tiba-tiba. Dovi diem aja, tangan kanannya memegangi dada kuat-kuat. Gue cepat-cepat nyamperin dia sebelum dia kenapa-napa. “ Lo kenapa? “ gue mengulang pertanyaan. Gue pegang bahu kirinya untuk ngebuat dia berdiri tegak. Gue liat tangannya masih memegangi dada, wajahnya pucat dan penuh keringat. Langsung aja gue pegangin dia dan gue tuntun ke UKS.

“ Lo asma ya? Kok lo nggak bilang sih “ . Gue ngedudukin dia di sofa UKS. Beruntung gue tergabung dalam ekstrakulikuler PMR. Dengan cepat gue ambil inhaler di lemari obat dan gue bantuin dia buat make. Gue panik setengah mati. Gue yang nyuruh dia beres-beres sendiri tanpa gue tau kalo dia punya asma kayak gini. Kalo dia kenapa-napa pasti gue yang dituntut, mampus gue. Beberapa menit kemudian keadaan Dovi mulai membaik, walaupun wajahnya masih sedikit pucat. Dovi berusaha senyum ke gue.

“ Sori gue ngerepotin lo lagi “ kata dia sambil nyengir. 

“ Dih masih sakit gitu sempet aja nyengir. Kenapa lo nggak bilang sih kalo punya asma? “

“ Yah apa untungnya juga gue bilang ke lo. Paling juga lo cuekin “ . Gue semakin ngerasa bersalah karna gue sering nggak peduliin dia waktu lagi ngomong. 

“ Ya tapi kalo gini jadinya kan gue takut “ 

“ Udeh nggak usah khawatir, gue nggak apa-apa kok “ Dovi mengedip ke gue sambil senyum. Gue jadi salah tingkah sendiri. 

“ Apaan sih “ gue berdiri “ Gue mau nyelesein hukuman dulu. Lo di sini aja, entar kalo udah kelar gue balik lagi ke sini. Lapor ke ruang BP “ kata gue dan disambut dengan senyum manis dari seorang Dovi. “ Oke “ balesnya kemudian.

Satu jam kemudian, gue sama Dovi keluar dari ruang BP setelah lapor ke Bu Ratna kalo hukuman udah kita selesein. 


“ Bentar lagi temen-temen pada keluar “ kata Dovi setelah ngeliat jam. Gue jadi inget Andin, tiap hari gue pulang bareng sama dia. Tapi kali ini, gue terlalu capek dan butuh pulang cepet.

“ Lo mau nungguin temen lo dulu ? “ tanya Dovi. 

“ Nggak. Gue mau langsung pulang aja “

“ Pulang sama siapa lo? “ . Gue berhenti berjalan tepat di parkiran depan, dan mengeluarkan dompet dari dalam tas gue. 

“ Bukan urusan lo kan? “ 

“ Iyasih “ Dovi ikutan berhenti dan dia terus aja ngikutin gue sejak kita dikeluarin dari ruang ujian. “ Tapi gimana kalo lo bareng gue aja? Itu sopir gue udah di depan kok, nggak usah nunggun-nunggu lagi “ lanjutnya. Gue kembali berjalan keluar gerbang sambil nengok kanan-kiri nyari bis. 

“ Nggak usah. Gue bisa pulang sendiri, bis banyak “ kata gue singkat. Dan tiba-tiba tangan gue ditarik, udah kedua kalinya Dovi ngelakuin ini ke gue. 

“ Ngapain lagi sih lo?? Lepasin nggak? “ gue sewot. Dovi ngebuka pintu mobil sedan warna hitam mengkilap dan nuntun gue maksa buat duduk ke dalemnya.

“ Udah bareng gue aja. Itung-itung ini terimakasih gue karna lo udah bawa gue ke UKS “ . Gue baru aja mau turun dari mobil itu, tapi Dovi nyegah gue dengan bilang “ Geser “ dan dia duduk di sebelah gue sambil nutup pintu mobil.

“ Oya, di mana rumah lo? “ 
“ Turunin gue di depan aja “ gue bales singkat. Sebenernya bukan karna gue masih kesel sama Dovi, tapi justru karna sekarang gue jadi lebih biasa deket sama dia.

“ Nggak, nggak. Bahaya tau. Jadi di mana rumah lo? “ Dovi ngulang lagi. 

Gue menghela nafas pendek, “ Di daerah cibubur “ 

Dan jadilah gue dianter pulang sama Dovi sampe depan rumah gue. Gimanapun juga dia seorang tamu kalo udah nyampe rumah gue gini. Nggak sopan kalo gue nggak ngajak dia mampir dulu. 


“ Udah gausah, makasih. Gue ada siaran habis ini. Salam aja buat keluarga lo “ kata dia sambil nyender di pintu mobil. Gue noleh ke teras, Ayah keluar mau berangkat kerja.

|” Siapa, Nit? Kok nggak disuruh masuk? “ 

“ Temen sekolah, Yah. Dianya buru-buru, katanya ada acara “ . Dovi nyamperin bokap dan salim dengan sopan. Ayah sedikit tersenyum.

“ Iya, Om, maaf. Lain kali mampir kok “ sambung Dovi.

“ Kayaknya Om pernah liat kamu deh “ kata Ayah mengerutkan kening. Gue sama Dovi saling melempar pandang. Sesaat kemudian Dovi mengangkat bahu singkat.

“ Siapa nama papa kamu ? “ tanya bokap tiba-tiba. Dengan agak ragu Dovi menjawab,

“ Rusdi, Om. Rusdi Rahardian “ . Dan nggak gue sangka, Ayah berekspresi kaget campur emosi. Dia mengangkat kedua alisnya dan berkata dengan nada agak tinggi. 

“ Oh ya, bener. Jadi kamu anaknya? Ngapain kamu ke sini? Nita, masuk! Ayah nggak mau kamu temenan sama dia “ 

“ Tapi, Yah.. “ gue kaget bukan main. Dovi keliatan bingung, sama-sama nggak tau apa-apa.

“ Udah cepetan masuk! Besok lagi Ayah liat kamu masih bareng sama dia, Ayah kunci kamu di kamar “. Sebelum Ayah makin menjadi, gue buru-buru berjalan ke teras.

“ Ini terakhir kalinya kamu ke sini dan berteman dengan anak saya. Jangan dekat-dekat anak saya lagi “ 

Sesaat kemudian Dovi akhirnya berlalu dengan sopir pribadinya sebelumnya dia sempet pamit sama Ayah walaupun mendapat jawaban yang nggak enak dari Ayah. Gue jadi berpikir, kenapa Ayah jadi semarah itu begitu denger nama Ayah Dovi. Gue juga kasian sama Dovi, dia keliatan bener-bener nggak tau apapun.




***




Di taman samping sekolah, di situlah gue duduk sendirian setelah mengikuti susulan ujian Seni Budaya. Gue memandangi teman-teman lain yang sedang menikmati masa classmeet sebelum libur panjang nantinya. Gue masih terbayang-bayang dengan kata-kata Ayah tadi pagi. 



Ayahnya Dovi itu yang bikin Bunda kamu meninggal. Ayahnya lah penyebab kecelakaan yang merenggut nyawa Bunda dua tahun lalu, Nit “


Gue nggak tau harus nyalahin siapa. Yang jelas di sini nggak ada urusannya sama Dovi. Dia nggak ada dalam kecelakaan itu, jadi dia nggak salah. Tapi kalo Ayah tau gue masih deket-deket Dovi gue bisa kena hukum. Di sisi lain gue juga harus minta maaf ke Dovi atas perlakuan Ayah kemaren.


“ Hey, lo kok sendirian di sini? Andin nyariin lo tuh, gue bilang aja biar gue bantu cari eh taunya lo di sini “ dia nerocos begitu duduk di samping gue.


“ Gue lagi nyegerin pikiran aja “ gue mencoba rileks. “ Lo .. nggak marah sama gue .. ? “ tanya gue hati-hati. Dovi menoleh cepat dan mengernyit.

“ Ngapain gue musti marah? Bukannya lo yang biasa marah-marah? “ 

“ Sialan. Gue udah berusaha baik lo nya ngeselin “ . Gue beralih pandang ke arah kolam ikan di tengah-tengah taman. “ Em.. maafin Ayah gue ya .. soal kemaren. Gue.. “

“ Nggak apa-apa kali “ Dovi memotong. “ Udah biasa gue digituin “ 

“ Udah biasa? Maksudnya? “ 

“ Yah.. Gimana ya gue ceritanya? Pokoknya gitu deh, gue males bahasnya hehe “ Dovi nyengir lagi sambil nopang satu kakinya di paha. Gue ngeliatin dia, senyumnya dia, gue tau dia lagi nyembunyiin sesuatu. 

“ Eh, entar mau nemenin gue nggak? “ tanya Dovi sambil mengangkat tangan untuk membalas lambaian tangan dari segerombolan cewek di ujung koridor sana. 

“ Ngapain? “ gue beralih ke handphone dan memainkan satu permainan kesukaan gue.

“ Ke acara showcase music di daerah Kemang. Gue ngehost di sana, tapi lo bisa nemenin gue sambil nikmatin showcasenya. Tiket dari gue, lo bisa tempatin kursi paling depan. Bintang tamunya keren-keren kok “

Gue inget kalo hari ini Ayah masuk pagi dan bakal lembur lagi. Mungkin gue bisa ijin buat main sebentar dan bakal pulang sebelum Ayah pulang.

“ Kapan emang? “ 

“ Kemaren! Ya entar lah, sekitar jam 11an “ Dovi ngangkat tangan kanannya ngeliat jam. “ Gue bisa anter pulang lo sebelum bokap lo pulang kok “ lanjutnya.

“ Boleh deh, jangan berhenti di depan rumah persis kalo sewaktu-waktu Ayah pulang lebih dulu dari gue “ 

Dovi mengangkat jempol. “ Siap. Sekarang makan dulu yuk? “ 

“ Makan aja sendiri “ gue sibuk sama game di hape gue.

“ Kalo sendirian gue mesti dikerubutin sama cewek-cewek itu. Guekan jadi nggak enak makannya “ 

“ Eh temen lo kan banyak, ajakin yang laen kek. Kenapa harus gue sih? “ 

“ Idih galak bener. Justru lo harusnya seneng jalan sama cowok idola kayak gue “ Dovi nyisir rambutnya dari depan ke belakang pake jari-jari tangan. Sesaat kemudian dia mengerling ke arah gue.

“ Najis lo “ gue nyakuin hape. “ Gue mau remidial “. Dan gue pun berlalu dari hadapan Dovi.



Dua jam kemudian, tepatnya sekitar pukul 11.05 gue baru aja turun dari mobil Dovi dan langsung dituntun Dovi buat masuk ke suatu cafe yang penuh dengan remaja. Begitu dateng Dovi langsung disambut sama beberapa cewek yang memulai rutinitas cipika-cipiki dan nanya kabar. Nggak lama setelah itu ada cowok yang cukup gue kenal yang biasa ngehost di acara-acara stand up comedy, menjabat tangan Dovi akrab dan berpelukan singkat. 


Setelah terlibat perbincangan yang cukup asing buat gue akhirnya Dovi ngenalin gue ke mereka. 

“ Oya hampir lupa, kenalin ini temen baru gue di sekolah. Namanya Cindy. Cindy ini kakak gue Siska, yang ini Ana, ini Vera, Sonya, Karin.. dan ini pasti lo kenal kan, ini Gilang “ 
Gue menjabat tangan mereka satu persatu, “ Hai, Cindy.. “

“ Si Dovi baru berapa hari sekolah udah nggandeng adek kelas aja “ celetuk salah satu cewek.

Gue kaget, ngelirik sadis ke arah Dovi. Dovi menggeleng dan tertawa kecil. 
“ Gila lo, Ver. Ini justru kakak kelas gue “ 

“ Ups, sorry, Cindy.. Nggak maksud.. Abis masih imut kok “ dan yang namanya Vera ini nyubit pipi gue manja. Gue berharap seragam OSIS SMA bisa ngebawa gue keliatan lebih remaja, tapi ternyata enggak. Mungkin gue harus mengganti model rambut lurus sebahu gue yang berponi miring. Atau mungkin gue harus melepas anting-anting emas putih model kepala hello kitty yang gue pake. Atau mungkin juga gue harus mengganti flatshoes gue menjadi sneakers ke sekolah.

“ Buruan ganti baju, Dov. Acara udah mulai. Cindy biar sama gue aja “ kata Siska, kakak perempuan Dovi. Dovi mengangguk dan senyum ke gue sebelum dia berlalu. 
Gue sama Kak Siska duduk di kursi paling depan untuk melihat acara berlangsung. Gue bisa nebak kalo nyokapnya Dovi pasti cantik banget, karna Kak Siska yang lagi di samping gue sekarang ini, super duper cantik. 

“ Asal lo tau gue ini sekalian jadi asistennya Dovi, Cin “  Kak Siska membuka percakapan. “ Tapi gue seneng sih. Gue bangga punya adek kayak dia “

“ Dovi periang ya, Kak “ kata gue menanggapi.

“ Banget “ Kak Siska mengangguk. “ Dia jarang banget ngeluh, marah-marah, ato seenaknya sendiri walaupun dia sering kali sibuk “

Gue ikut mengangguk tanda setuju, gue bisa liat itu semua pada Dovi.
“ Kadang, gue pernah ngerasa takut kalo dia nyimpen sesuatu yang gue dan nyokap nggak tau.. Dovi sering ngunciin diri di kamar berjam-jam dan waktu gue tanya dia selalu bilang ‘ Gue baik-baik aja, Kak. Gue cuma capek ‘ . Kayak semalem, dia kayak gitu lagi “
Nafas gue tertahan bentar, nggak tau kenapa gue ngerasa ini ada kaitannya sama perlakuan Ayah kemarin. Gue mencoba nyari tau diam-diam lewat kakaknya ini.

“ Emang Dovi keliatan lagi nyimpen masalah ya, Kak? “ 

“ ... Em .. Gue pikir sih gitu. Semenjak bokap gue pergi, Dovi itu jadi agak aneh. Ya walaupun dia tambah ceria dan lebih semangat, tapi gue ngerasa ada yang aneh aja dari dia. Kadang-kadang asmanya suka kambuh sendiri, gue jadi kasian liat adek gue satu itu “
Gue jadi semakin penasaran dengan Ayahnya Dovi, dengan sangat hati-hati gue mencoba buat nanyain hal ini ke Kak Siska.

“ Sebelumnya sorry nih, Kak, tapi kemaren waktu Dovi nganterin aku pulang, Dovi ketemu sama Ayahku. Nggak tau kenapa waktu Ayah tau kalo Dovi itu anaknya Om Rusdi, Ayah langsung nggak enak hati gitu. Maaf, Kak, aku penasaran aja kenapa “
Kak Siska keliatan sedang mengerutkan dahi dan ngeliatin gue beberapa saat.

“ Ayah lo... Siapa namanya ? “ tanyanya kemudian.

“ Reza, Kak. Reza Yanuar “ 

Kak Siska menahan nafasnya singkat dan menggeleng kepalanya perlahan. Sedetik kemudian punggung tangan gue digenggam halus sama Kak Siska.

“ Gue minta maaf ya sebelumnya, tapi.. Ayah lo nggak cerita kenapa ? “

“ Nggak usah minta maaf, Kak.. Iya aku tau kok, gara-gara kecelakaan itu, kan? Aku udah ikhlasin Bunda... Mungkin emang Bunda aku yang udah waktunya pulang ke sisi-Nya Kak “ 
Kak Siska merangkul gue lembut dan tersenyum.

“ Gue turut berduka ya, Cin.. “ . Gue tersenyum ke arahnya untuk meyakinkan kalo gue emang nggak apa-apa. “ Jadi gini.. Waktu kecelakaan itu Bokap gue lagi sama selingkuhannya. Bokap emang udah keliatan berubah sebelumnya. Dia jadi sering berantem sama Nyokap, jarang pulang ke rumah, juga nggak pernah lagi main PS bareng Dovi tiap hari Minggu.. “ .Gue mendengarkan dengan seksama. “ .. ternyata setelah kecelakaan itu kita jadi tau kalo bokap itu punya selingkuhan. Nyokap kecewa banget waktu itu, gue nggak tau gimana Dovi karna gue sibuk nenangin nyokap. Yang gue tau Dovi seharian ngurung diri di kamarnya “ Kak Siska melempar pandang ke arah Dovi dan Gilang yang lagi ngebawain acara di atas panggung. 

“ ... gue sama nyokap nggak berniat buat dateng ke rumah sakit. Gue juga yakin kalo bokap nggak mengharapkan kedatengan kita. Dua hari kemudian gue sama nyokap baru tau kalo ternyata bokap nabrak dua orang dan salah satu dari mereka meninggal dunia. Gue.. gue nggak tau kalo itu nyokap lo.. beneran gue minta maaf “ suara Kak Siska jadi lebih bergetar. Gue mengelus tangannya lembut, mengangguk singkat dan tersenyum.

“ .. setelah itu gue sama nyokap dateng ke rumah sakit, tapi ternyata bokap udah nggak di situ. Kata susternya bokap gue udah sembuh dan udah pulang sehari sebelumnya. Dan semenjak itu bokap nggak pernah balik lagi ke rumah. Akhirnya gue sama nyokap ketemu bokap lo, tapi bokap lo marah-marah ke nyokap gue. Gue tau, pasti bokap lo terpukul banget. Gue nyoba jelasin tapi bokap lo keburu pergi.. Sekarang ini nyokap gue pengen banget ketemu bokap lo dan minta maaf ke dia. Tapi belom pernah ada kesempatan buat itu.. Mungkin lo bisa bantuin kita, gimanapun juga lo taukan kalo bukan nyokap gue yang salah, apalagi Dovi .. “ Kak Siska mengakhiri ceritanya. Dan begitu gue denger nama Dovi, gue langsung keinget kemarin waktu dia dimarah-marahin sama Ayah. Dovi cuma diem dan nggak nyimpen dendam sama gue. Dia nggak salah, justru dia punya nasib yang hampir sama kayak gue. Gue kagum dia bisa terus enjoy. Gue inget tiap hari gue marah-marah ke Dovi, gue inget Dovi yang usil dan bawel waktu ujian, gue inget waktu kita dihukum bareng dan gue inget waktu Dovi asma. Dovi, adalah cowok paling tegar yang pernah gue kenal. 

“ Aku bisa bantu kok kak “ gue tersenyum lebar dan bertekad untuk bantu mereka.



***



Gue jelasin ke Ayah semua yang Kak Siska ceritain ke gue tanpa sisa. Gue yakinin Ayah kalo Dovi, Kak Siska dan Bundanya nggak salah. Dan bilang ke Ayah kalo Ayah nggak boleh terus-terusan dendam sama mereka. Awalnya emang susah banget ngebuat Ayah ndengerin penjelasan dari aku. Ayah terlalu sayang sama Bunda dan nggak rela Bunda meninggal dengan cara seperti itu. 

Gue emang sayang banget sama Bunda, tapi sekarang ini tinggal Ayah yang gue punya dan gue juga sayang banget sama Ayah. Akhirnya setelah cukup lama, Ayahpun ngerti maksud gue. Ayah mulai membuka hati dan menerima semua yang udah terjadi. Ayah mau maafin keluarganya Dovi dan berencana untuk bersilaturahmi ke rumahnya Dovi. Gue seneng banget ketika Ayah bilang ini, gue peluk Ayah erat-erat dan 

Ayah juga bales pelukan gue dengan hangat.


“ Gue envy deh sama lo “ Andin nyeletuk di suatu pagi di meja kantin. “ Gue kan yang ngejar-ngejar Dovi dari pertama, tapi lo yang dipilih Dovi buat jadi temen deket “


“ Apasih, Din. Lo juga bisa jadi temen deketnya Dovi kan? Gue juga masih jadi sahabat lo kok “ bales gue sambil ngaduk-ngaduk segelas susu hangat pesenan gue.

“ Iyhasshiih.. “ mulut Andin penuh dengan makanan ringan yang dia bawa. “ Tapi pasti Dovi lebih sering ngajak jalan cewek-cewek yang kayak lo. Yang cantik, pinter.. “ 

“ Enggak segitunya deh gue.. Gini deh, gue janji lain kali kalo gue main sama Dovi gue ajakin lo juga gimana? “ 

“ Ha serius?? “ seru Andin heboh. Gue ngangguk buat ngeyakinin dia, sahabat gue yang paling setia. “ Duuh, Cindy... Udah cantik, imut, baik lagi sama gue. Lo sahabat gue yang paling top deh “ Andin meluk gue girang. Gue ketawa kecil dan ngebales pelukan sahabat gue yang chubby itu. 

“ Eh iya, lo nggak jenguk Dovi? “ tanya Andin kemudian. Udah tiga hari Dovi nggak berangkat sekolah. Walaupun dua hari lagi udah penerimaan rapot, tapi gue ngerasa berdosa aja kalo nggak tau kenapa dia nggak berangkat sebelum nanti kita terpisah libur selama dua minggu.  

“ Jenguk? Emang dia sakit apa? “ 

“ Dih, lo gimana sih. Makanya sering dengerin radio. Dovi udah dua hari nggak siaran, kata Bang Ame, partnernya, Dovi lagi sakit. Bang Ame nggak bilang sih Dovi dirawat di mana.. “
Gue diem dan langsung ngeluarin handphone. 

“ Lo mau apa ? “ selidik Andin. Gue nggak sempet jawab, karna orang di seberang udah ngangkat telfon gue. Dan semenit kemudian gue kembali lagi ke Andin.

“ Tadi itu asistennya Dovi, kata dia Dovi cuma demam dan lagi di rumah. Mungkin besok udah sembuh, kita disuruh doain aja “

Andin menepuk kedua pipinya. “ Ya ampyuun Dovi... Iya amin amin, cepet sembuh cepet siaran lagi biar gue bisa dengerin suaranya yang enak banget didenger “


Malamnya gue sama Ayah udah ada di kediaman keluarga Dovi. Kedatengan kita disambut hangat. Tante Ira dan Kak Siska sempet kaget begitu gue dan Ayah tiba di sana. Ayah ngutarain maksudnya, dan tante Ira juga demikian. Gue dan kak Siska larut dalam perbincangan hangat dalam beberapa menit sebelum akhirnya gue nanya di mana Dovi.


“ Dovi ada di kamarnya, Cindy.. Kalo mau ketemu kamu masuk aja. Kamarnya ada di atas, dari kemaren dia nggak mau keluar “ jelas tante Ira khawatir. 

Guepun pamit untuk nengok keadaan Dovi. Gue naik ke kamar Dovi dan satu hal yang gue dapet adalah pintu kamar Dovi dikunci. Gue ngetuk beberapa kali, nggak ada jawaban. Gue sengaja nggak bersuara karna gue mau tau gimana respon Dovi. Gue ketuk sekali lagi akhirnya Dovi ngejawab, “ Udah gue bilang gue lagi pengen sendiri, Kak. Gue nggak apa-apa, obatnya juga udah gue minum “ 

Gue narik nafas dalam-dalam dan mulai ngomong. 

“ Jadi.. gue nggak boleh masuk nih? “ . Dovi diem lagi. “ Gue udah jauh-jauh dateng ke sini sama Bokap buat jenguk lo, tapi lo malah ngusir gue? “

Beberapa detik masih nggak ada respon. Tapi kemudian, gue bisa denger suara orang lagi buka kunci pintu. Gue menarik bibir.

“ Cindy ?! “ seru Dovi, kaget.

“ Heh, inget ya, gue kakak kelas lo. Jadi jangan sembarangan manggil na..” omongan gue kepotong. Tiba-tiba Dovi meluk gue erat, dia meluk gue di ambang pintu. Lama-lama gue bisa ngerasain hangat di pundak gue. Gue tau Dovi lagi nangis. Gue bales pelukannya perlahan, gue usap punggungnya berulang kali. 

“ Lo kangen kan sama gue? Makanya sembuh dong, biar bisa main sama gue “ gue sengaja ngehibur dia. Gue biarin dia ngelepas kesedihan yang udah dia bendung entah berapa lama. Kesedihan yang dia tutup rapat selama beberapa tahun ini. Gue biarin dia sampe dia bener-bener siap buat cerita.

“ Gue janji deh, hari ini gue nggak marah-marah ke lo. Asal lo mau janji juga sama gue, habis ini lo cerita ya ke gue lo tu kenapa “ kata gue lagi. Gue hampir tenggelam karna badan Dovi yang lebih tinggi dari gue. Nggak berapa lama, Dovi mulai melepas pelukannya. Dia natap gue tersenyum dengan mata yang sembab. “ dalam keadaan udah ketauan sedihpun lo masih bisa senyum? “ . Dovi narik tangan gue dan nyuruh gue duduk di sofa kamarnya. Gue bisa liat kamar yang super berantakan, ada beberapa obat di sudut ruang di atas meja dan wangi sabun bayi yang tersebar di seluruh ruang. 

“ Lo sakit apa? “ gue membuka percakapan. Dovi menghela nafas pendek dan kembali tersenyum. Perlahan dia bicara dengan suara agak parau.

“ Gue nggak sakit kok, udah sembuh. Gue kesepian aja.. “

“ Kesepian gimana? Kan ada tante Ira, kak Siska, gue, fans lo yang bejibun di luar sana.. “

“ Iya gue tau kok.. Gue.. gue cuma kangen aja sama Papa “ 

“ Kangen sama Papa nggak harus gini caranya Dovi.. Kasian tante Ira sama kak Siska.. Mereka khawatir banget ngeliat lo kayak gini. Kalo menurut gue, rasa kangen itu lo luapin aja ke hal positif.. Lo ngertikan “ . Dovi ngangguk perlahan.

“ Iya.. gue ngerti kok.. “ Dovi menatap gue lembut. “ Pertama gue kenal sama lo, gue kagum aja sama lo. Kalo aja semua cewek di dunia ini bisa secuek lo “ 

Gue mengernyit “ Maksud lo ? “

“ Ya iya.. Lo tau kalo gue banyak fans di sekolah, tapi lo nggak ikut-ikutan. Lo apa adanya jadi diri lo sendiri. Nggak berusaha buat deketin gue dan dapetin apa yang ada di gue. Semisal semua cewek kayak lo, papa nggak bakalan kegoda sama cewek laen selaen mama “

Gue menarik bibir, ngerti apa yang dimaksud Dovi. Gue raih tangan Dovi, “ Yang udah biar aja udah. Sekarang ini kita pikirin yang masih ada di sekitar kita dan berusaha buat mempertahanin mereka. Kalo lo kangen sama papa lo, lo bisa kok anggep Ayah gue sebagai papa lo.. Ayah gue ada di bawah, lagi ngobrol sama tante Ira sama kak Siska. Suasananya udah berubah lebih baik “ gue senyum. Sesaat Dovi ikut tersenyum.

“ Danke, schön “ Dovi mengedip jahil ke gue dan gue bales dengan cubitan ke lengan kirinya. Dovi ketawa renyah yang bikin gue seneng dengernya.

“ Jadi, gue .. “ Dovi sengaja memotong kata-katanya dan tersenyum nakal.

“ Apaan? “ 

“ Eits, lo tadi janji buat nggak marah seharian “ 

“ Oh iya “ gue mengulas senyum semanis mungkin. “ Iya, Dovi.. Ada apa? “ gaya bicara gue buat-buat sekedar untuk nahan kesel ke dia.

“ Em.. Wollen Sie meine freundin sein? “ Dovi bertanya dengan bahasa Jerman. Bahasa yang paling dia sukai dan yang paling gue hindari.

“ Apaan sih, ngomong pake bahasa yang laen aja “ 
Gue mengerucutkan bibir, Dovi garuk-garuk kepala sambil cengengesan.  

“ Jadi lu nggak ngerti artinya? “ . Gue geleng kepala kuat-kuat. Dovi kembali tersenyum, sangat manis. Dia natap gue lekat-lekat, menggenggam kedua tangan gue lembut dan berkata. “ Tadi itu artinya...” 

“ Will you be my girlfriend ? “ ucapnya jelas. Untuk beberapa detik gue masih kaget, gue naikin alis nggak percaya. 

“ Serius? “ 

“ Lebih dari itu “ Dovi mengangguk mantap.
Gue hampir aja mangap karna nggak tau harus berekspresi gimana. Gue kaget, kaget karna seorang Dovi yang punya segitu banyaknya penggemar wanita justru nyatain cinta ke gue. Tapi di sisi lain gue juga ragu, perkenalan gue sama Dovi masih terbilang singkat. Gue takut, itu bukan perasaan Dovi yang sebenernya. 

“ Jawab dong “ Dovi memecah lamunan gue. Gue tersenyum perlahan.




-to be continue yaa-



3 komentar: