About Me;

Foto saya
an ordinary girl with an extraordinary heart.

Minggu, 01 Februari 2015

My Trip My Adventure -Eps.1


Sebenernya ini bukan semacam sesi curhat atau apa yang lu pikir tentang sebuah riwayat hidup yang bercucuran darah. Ini tulisan pertama gue setelah gue ‘mati suri’ dari dunia perbloggingan dimana gue cuma mau berbagi pengalaman karna gue nggak tau lagi harus bikin hati gue tenang dengan cara apa. 

Terkadang lo butuh waktu buat sendiri, lo butuh waktu buat nenangin pikiran dan kembali ke masa yang lo pikir nyaman buat diulang. Gue sadar, waktu terus berputar, hidup akan terus berjalan, ujian akan bertambah berat dan es krim paddle pop ada yang baru.

Dan caption di atas nggak ada kaitannya sama hal yang mau gue tulis kali ini. Jazakalloh.




Sudah lama sekali gue vacuum bukan? 

Dan yakinlah kalo nggak ada yang peduli tentang hal itu. Tapi nggakpapa, gue orangnya gak gampang putus asa dan gak mudah patah hati (segera cek postingan2 sebelumnya). Gue bakal tetep nulis yang gue mau, entah lo peduli apa enggak, baca apa enggak, gue bakal tetep nulis sampe… nanti gue capek sendiri.

Satu hal yang lo perlu gak tau, kemaren ketika gue vacuum gue tour dari satu kota ke kota lain, demi mengemban tugas negara dan mencari kitab suci. Dan yang lo gak perlu tau lagi, kota yang gue datengin adalah kota yang amat jarang gue jelajahi rutenya. Jadi semacam ada acara survivor di tipi, dan supirpor versi gue di sini. 

Jadilah gue kebingungan begitu gue dapat  -tugas- ke kota banyak kampus (baca: Jogja). Nyet, gue ke sana cuma sewaktu pariwisata SD dan iseng main bareng sodara-sodara gawl gue. Itu juga gue masih SMP, masih bocah, polos nggak ngerti daerah-daerah sana (baca: daya inget lemah). 

Jadi sepanjang gue berusia 18th, gue baru datengin Jogja dua kali. Dua kali. D u a. Dan gue harus tinggal di sana selama 4 bulan penuh. Bayangin. Bayangin! Gue cewek, dan teman satu perguruan yang bareng sama gue juga cuma seorang cewek_yang sama-sama gak ngerti Jogja. Gue terancam terlantar! 

Lebay. Oke. Racunin aja gue, gapapa.


Karna saking bingungnya gue, panik dan tak tahu arah jalan pulang, hawanya gue ngeributin orang. Gue juga gapaham sama diri gue sendiri kenapa lebay bener. Gue terus aja ngedesek sahabat gue namanya Esa-- buat mikirin gimana caranya gue bisa hidup lancar di sana tanpa ada kesalahan rute dan kerumitan jalan (baca: nyasar).  

Sebenernya Esa udah banyak bantu dan usul, tapi mungkin emang gue aja yang hobi ngeributin orang. 

Sampai tibalah waktunya gue berangkat ke Jogja. Atas usul , pertimbangan dan pemikiran yang matang dari berbagai pihak, akhirnya gue sama temen gue ini berangkat pake jasa travel. 

Esa nganter gue, ikut juga adek kandung gue dan adek sepupu gue. Sedang temen gue sendiri, dianter sama yang katanya omnya. Ya, jadi semacam rombongan haji dan umroh.
Setelah melewati sesi pamit-pamit, nangis-nangis dan lambai-lambai, gue otw ke Jogja…. 

Mari update status---



Perjalanan gue lalui sekitar 1,5jam ketika gue bener-bener sampai di  Jogja. Orang suruhan nyokap ngasih gue alamat dan nomer hape yang katanya cikal bakal kosan gue entar. Karna gue udah hampir sampe ke agen travel di kota itu, gue segera telfon nomer yang dikasih itu.

Tuut.. tuuut.. tuuut..

“ Halo “ sahut suara seberang yang terdengar nyempreng dan melengking. Emak-emak sangat.

“ Halo, Ibu, ini saya Jasmine. Say..” baru aja gue mau jelasin gue ini host acara uang kaget tapi si Emak main nyamber duluan.

“ Ooo lha sudah ditunggu! Sampai mana? Dah tau to, alamat rumah saya? “

“ Belum, Bu. Makanya saya telfon. Alamat jelasnya dimana ya?” gue bernada semanis mungkin.

“ Loooh kemarenkan sudah saya kasih tau, itu lho depan mirota kampus persis. Rumah saya yang jual mebel “

Gue terdiam sejenak. Kemaren? K e m a r e n ? Nyak, aye baru kali ini nelpon enyak. Begimane bisa bilang kemaren? Enyak telponan sama siapa?? Sama siapa nyakk??

Lalu kemudian gue dan temen gue memutuskan untuk naik taksi ke alamat yang Ibu Kos jelasin tadi_yaa, sebenernya gak jelas sih. Tapi denger nada ngasih taunya yang manteb gue yakin aja itu alamat udah familiar di kota ini. 

Jadi, begitu gue ditanya sama tu sopir taksi;

“ Mau kemana mbak?” gue dengan mantap menjawab “ Mirota kampus "

Gue mengakhiri nada gue seakan-akan gue adalah mahasiswi yang baru aja mau masuk kuliah. Hmm. Gue tersenyum bangga dan semerbak harum bunga menyebar keseluruh penjuru mobil. 

Tapi kemudian, bapak sopir menyahut. “ Dimana ya itu, mbak? Jalan apa namanya? “

Ebuset, kemudahan dan kelancaran yang ada diangan-angan gue buat sampe kosan sirna. 

Si bapak sopir nggak tau mirota kampus. 

Nggak tau, Pak?? Helloooww, helli meow meow. Hari gini gatau mirota kampus, Pak? Itu loh kampus yang mahasiswinya kece-kece, kemana-mana nenteng gadget dan parkiran lebih penuh dari kelas. Tapi itu hanya jeritan hati. Karna sesungguhnya gue juga sama sekali nggak tau apa itu mirota kampus.

Gue bilang, “Sebentar, Pak” dan gue sibuk buka note di hape gue yang bertuliskan alamat tempat gue harus mengemban tugas. “Di jalan godean km 3, Pak. Katanya di sekitar situ. Depan mirota kampus, rumahnya yang jual mebel” gue membeo kata-kata Ibu Kos tadi. 

Si Pak Sopir tampak manggut-manggut khitmat sambil mulai nyalain mesin. “ Ooh .. Yaya, coba saya cari. Rasanya pernah denger”. 

Buju buneeeng. Kirain bapak ini manggut-manggut udah paham. Siap-siaplah gue kena jeglekan tarif kelas dewa. Kalopun duit gue nggak cukup buat bayar entar, centong nasi cukuplah buat jadi senjata penganiayaan sopir taksi ini.


Kemudian nggak nyampe setengah jam, si Bapak nyeletuk lagi. “Mbak, ini sudah sampe jalan godean lho”. 

Tanpa komando gue langsung nengok kea rah jalan buat nyari plang ato ruko-ruko yang nyantumin nama jalan. Jalan godean km 5,5. “Ye bener sih, Pak, jalan godean” jawab gue “ Tapi ini kebablasen. Kan saya bilang km 3”

”Ooo.. kebablasen ya” kata bapak, kalem. 

Segera si Bapak puter balik dan mulai mengintai nama jalan secara perlahan. Nggak butuh waktu lama, akhirnya kita_ato yang lebih tepatnya gue, nemuin jalan godean km 3 lengkap dengan calon kantor yang bakal jadi tempat gue bekerja. Jadi di sini gue bekerja? Hhm… 

Gue berdehem pelan. Kantor. Bayangan gue, ato mungkin bayangan setiap orang, kantor adalah tempat di mana lo bisa naik lift untuk menuju ruang kerja lo, karna gedung banyak lantai dan mengkilap oleh kaca, serta penjagaan ketat dari security berkumis (entah mengapa gue lebih suka yang berkumis). 

Tapi kenyataannya, yang gue liat, kantor di sini adalah bangunan mirip ruko berlantai dua, dilengkapi rolling door dan cat yang sedikit memudar. Oke, harapan gue mungkin terlalu tinggi. Tapi di sinilah gue akan mendapat kitab suci, eh maksud gue ilmu. 

Balik lagi ke sopir taksi, si Bapak melambatkan laju kendaraannya dan sesuai pesan gue si Bapak mencari yang namanya mirota kampus. Ciitt. Lumayan ngerem mendadak, tampak raut wajah si Bapak yang berseri-seri. “Itu mbak, mirota kampus”. 

Si Bapak nyengir lebar, gue melotot ekstra ekstrim. Gue terdiam. Kaget. Shcok. Dan… kecewa. 

Jadi, ini mirota kampus? Ini mirota, k a m p u s. 

Gue berpikir masyarakat di sini, menyamakan kampus (yang isinya mahasiswa dan dosen) dengan kampus (yang isinya kasir dan pembeli). Ya, toko! Mirota kampus ini ternyata toko, yaa semacam swalayan mini gitu, bangunannya dua lantai. Lumayan besar untuk ukuran toko, banyak orang lalu lalang disitu semacam kayak lagi ada bazaar, dan terpampang jelas tulisan ‘Mirota Kampus’. 

Monyet. 

Sudahlah lupakan, lo harus maklumi gue karna gue baru pertama denger nama toko seperti itu. Dan gue berkeyakinan banyak orang di luar sana (yang gak tau) yang nyangka mirota kampus itu ya…. Kampus.


-sengaja dibikin to be continue biar samaan kek pelem2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar